Sayur Lombok Ijo, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Indonesia

resepmasakanrumahan.web.id – Sayur Lombok Ijo merupakan salah satu masakan tradisional khas dari daerah Nusa Tenggara Barat, Indonesia. “Lombok Ijo” secara harfiah berarti “cabai hijau” dalam bahasa Indonesia, yang mengacu pada cabai hijau yang menjadi bahan utama dalam masakan ini.

Sayur Lombok Ijo adalah sayuran yang dimasak dengan menggunakan cabai hijau sebagai bahan utamanya. Cabai hijau yang digunakan biasanya adalah jenis cabai rawit hijau yang memiliki tingkat kepedasan yang sedang. Cabai hijau tersebut dicincang dan kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, dan rempah-rempah lainnya. Beberapa varian Sayur Lombok Ijo juga bisa ditambahkan dengan sayuran lain seperti daun singkong, kacang panjang, atau terong.

Sayur Lombok Ijo memiliki cita rasa pedas yang khas dari cabai hijau, namun juga memiliki rasa segar yang menyegarkan. Masakan ini umumnya disajikan sebagai lauk pelengkap dalam hidangan sehari-hari di rumah masyarakat di Nusa Tenggara Barat. Sayur Lombok Ijo sering dihidangkan bersama dengan nasi putih dan hidangan lainnya seperti ikan bakar, ayam bakar, atau sate.

Selain rasa yang lezat, Sayur Lombok Ijo juga memiliki manfaat kesehatan karena menggunakan cabai hijau sebagai bahan utama. Cabai hijau mengandung senyawa capsaicin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, dan memberikan efek panas yang merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sayur Lombok Ijo adalah salah satu hidangan sayuran yang khas dan lezat dari Indonesia. Keunikan rasanya yang pedas dan segar membuatnya menjadi favorit bagi pecinta makanan pedas.

Sejarah Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo adalah salah satu hidangan tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sejarahnya tidak terdokumentasikan dengan baik, namun hidangan ini telah menjadi bagian dari warisan kuliner Indonesia selama berabad-abad.

Baca juga : Sayur Tumis Labu Siam, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Indonesia

Lombok Ijo merujuk pada cabai hijau yang menjadi bahan utama dalam hidangan ini. Cabai hijau yang digunakan adalah cabai rawit hijau yang memiliki rasa pedas yang sedang. Sayur Lombok Ijo juga sering menggunakan sayuran lain seperti daun singkong, kacang panjang, atau terong untuk menambah variasi rasa dan tekstur.

Tradisi memasak sayuran dengan menggunakan cabai hijau telah ada dalam budaya kuliner Indonesia sejak lama. Cabai hijau merupakan salah satu bahan yang umum digunakan dalam masakan Indonesia karena memberikan rasa pedas yang khas. Sayur Lombok Ijo merupakan salah satu kreasi masakan tradisional yang menggabungkan cabai hijau dengan berbagai bumbu dan sayuran lainnya.

Sayur Lombok Ijo umumnya disajikan sebagai lauk pelengkap dalam hidangan sehari-hari di daerah Nusa Tenggara Barat. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas yang khas dan menyegarkan, serta kaya akan nutrisi dari sayuran yang digunakan. Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya menjadikan Sayur Lombok Ijo sebagai hidangan yang populer di kalangan masyarakat lokal maupun pengunjung yang ingin mencoba masakan khas daerah tersebut.

Meskipun tidak ada sejarah yang jelas tentang asal-usul Sayur Lombok Ijo, hidangan ini terus diperoleh dan diwariskan dari generasi ke generasi. Masyarakat Nusa Tenggara Barat melestarikan hidangan ini sebagai bagian dari kekayaan budaya dan kuliner daerah mereka.

Resep Masakan Rumahan Sayur Lombok Ijo

Berikut adalah resep masakan rumahan untuk Sayur Lombok Ijo:

Bahan-bahan:

2 buah cabai rawit hijau, iris tipis
1 ikat daun singkong, petiki daunnya
200 gram kacang panjang, potong-potong
1 buah terong ungu, potong dadu
4 siung bawang putih, cincang halus
2 buah bawang merah, cincang halus
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
200 ml air
2 sendok makan minyak goreng
Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau panci. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum.
2. Masukkan cabai rawit hijau dan tumis sebentar hingga layu.
3. Tambahkan kacang panjang, terong, dan daun singkong. Aduk rata dan masak selama 3-5 menit.
4. Tuangkan air ke dalam wajan atau panci. Tambahkan garam secukupnya.
5. Tutup wajan atau panci dan masak sayur hingga matang dan bumbu meresap, sekitar 15-20 menit.
6. Angkat dan sajikan Sayur Lombok Ijo hangat sebagai lauk pelengkap dengan nasi putih.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

One thought on “Sayur Lombok Ijo, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top