Sayur Kangkung Belacan, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Indonesia

resepmasakanrumahan.web.id – Kangkung belacan adalah hidangan yang terkenal di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Kangkung belacan terdiri dari kangkung yang dimasak dengan bumbu belacan, yang terbuat dari pasta terasi atau udang kering yang dihaluskan.

Belacan, juga dikenal sebagai terasi, adalah pasta yang terbuat dari udang kering atau udang fermentasi yang dihaluskan. Belacan memiliki aroma yang kuat dan karakteristik yang khas dalam masakan Asia Tenggara. Pasta ini digunakan sebagai bumbu utama dalam hidangan kangkung belacan untuk memberikan cita rasa gurih, pedas, dan umami yang khas.

Proses memasak kangkung belacan umumnya melibatkan menumis bumbu belacan dengan bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah lainnya dalam minyak panas. Setelah bumbu harum, kangkung dimasukkan dan ditumis hingga sayuran layu namun masih renyah. Kangkung belacan biasanya disajikan sebagai hidangan sayuran dalam makanan sehari-hari.

Kangkung belacan merupakan hidangan yang populer di banyak negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Rasanya yang gurih, pedas, dan kaya akan rempah-rempah menjadikan hidangan ini disukai oleh banyak orang. Kangkung belacan sering dijadikan lauk pendamping nasi putih atau bisa juga disajikan sebagai hidangan pelengkap dalam makanan lainnya.

Selain lezat, kangkung belacan juga diketahui kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kangkung sendiri mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, dan serat yang baik untuk pencernaan.

Baca juga : Sayur Nenas, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Indonesia

Kangkung belacan adalah hidangan yang menggabungkan cita rasa khas bumbu belacan dengan kelezatan dan nutrisi kangkung. Hidangan ini menjadi salah satu pilihan favorit dalam masakan Asia Tenggara yang kaya akan rempah-rempah dan sayuran.

Sejarah Kangkung Belacan

Sejarah asal-usul kangkung belacan tidaklah jelas, namun hidangan ini umumnya berasal dari wilayah Asia Tenggara yang kaya akan makanan laut dan sayuran. Kangkung sebagai sayuran yang tumbuh subur di wilayah ini menjadi bahan utama dalam hidangan ini.

Belacan, bumbu khas dalam kangkung belacan, adalah pasta yang terbuat dari udang kering atau terasi yang dihaluskan. Belacan memiliki aroma yang kuat dan karakteristik yang khas dalam masakan Asia Tenggara. Penggunaan belacan dalam hidangan ini memberikan cita rasa gurih dan umami yang khas.

Hidangan kangkung belacan umumnya dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu belacan dan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan terkadang tambahan seperti udang atau daging ayam. Kangkung dimasukkan ke dalam wajan dan ditumis hingga layu namun masih renyah.

Kangkung belacan biasanya disajikan sebagai hidangan sayuran dalam makanan sehari-hari. Hidangan ini sering dihidangkan dengan nasi putih dan bisa menjadi hidangan utama atau hidangan pelengkap dalam hidangan lainnya.

Kangkung belacan adalah hidangan yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Hidangan ini memadukan rasa gurih, pedas, dan umami yang khas dari bumbu belacan dengan kelembutan dan kecrunchy-an kangkung.

Resep Masakan Rumahan Sayur Kangkung Belacan

Bahan-bahan:

1 ikat kangkung, pilih yang segar dan daunnya masih hijau
2 sendok makan belacan, haluskan
3 siung bawang putih, cincang halus
2 siung bawang merah, cincang halus
2 buah cabai merah, iris tipis (sesuai selera)
1 sendok makan minyak sayur
Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan kangkung dengan baik dan potong-potong menjadi bagian yang lebih mudah dikonsumsi.

2. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang.

3. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah iris hingga harum dan berubah warna.

4. Tambahkan belacan yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa saat hingga bumbu tercampur dan terasa harum.

5. Masukkan kangkung ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Pastikan kangkung terlapisi dengan baik oleh bumbu belacan.

6. Masak kangkung dengan api sedang hingga layu namun masih renyah. Jangan terlalu lama memasaknya agar kangkung tetap segar dan warnanya tetap hijau.

7. Tes rasa dan tambahkan garam secukupnya sesuai selera.

8. Angkat sayur kangkung belacan dari wajan dan sajikan di atas piring.

Sayur kangkung belacan ini bisa disantap langsung dengan nasi putih hangat sebagai hidangan utama atau sebagai hidangan sayuran pendamping. Hidangan ini memberikan rasa gurih, pedas, dan umami yang khas dari bumbu belacan. Selamat mencoba!

One thought on “Sayur Kangkung Belacan, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top