Feijoada, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Brasil

resepmasakanrumahan.web.id – Feijoada adalah hidangan khas Brasil yang terkenal. Hidangan ini terdiri dari campuran berbagai jenis daging dan kacang hitam yang dimasak bersama dengan bawang, bawang putih, dan rempah-rempah untuk menciptakan rasa yang kaya dan lezat. Feijoada sering dianggap sebagai hidangan nasional Brasil dan merupakan salah satu warisan kuliner paling ikonik dari negara tersebut.

Bahan utama dalam feijoada adalah kacang hitam, yang direbus hingga lembut dan kemudian dicampur dengan daging. Daging yang biasanya digunakan termasuk potongan babi seperti babi cincang, daging asap, tulang rusuk babi, lidah babi, dan kaki babi. Beberapa variasi feijoada juga bisa menggunakan potongan sapi atau kambing.

Proses memasak feijoada melibatkan memasak daging dan kacang hitam dalam panci besar. Daging dan kacang hitam dimasak bersama dengan bawang, bawang putih, dan rempah-rempah seperti daun laurel, jintan, dan merica. Hidangan ini memerlukan waktu yang lama untuk dimasak, biasanya berjam-jam, sehingga daging menjadi lembut dan rasa bumbu meresap ke dalam kacang hitam.

Feijoada biasanya disajikan dengan berbagai pendamping seperti nasi putih, kubis rebus, saus oranye (mandioca frita), dan irisan jeruk. Hidangan ini sering disajikan dalam acara-acara khusus, perayaan, atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Feijoada memiliki akar sejarah yang dalam di Brasil. Hidangan ini diyakini berasal dari tradisi kuliner Portugis dan mendapatkan pengaruh dari masakan suku-suku Afrika yang dibawa ke Brasil oleh budak selama era perdagangan budak. Kombinasi bahan-bahan dan teknik memasak dari budaya-budaya ini menciptakan feijoada yang unik dan kaya akan rasa.

Feijoada telah menjadi simbol dari keanekaragaman kuliner Brasil dan mencerminkan sejarah dan budaya yang kaya di negara ini. Hidangan ini merupakan perpaduan yang lezat antara pengaruh Eropa, Afrika, dan lokal Brasil, yang menghasilkan hidangan yang kaya akan rasa, tekstur, dan warisan budaya yang mendalam.

Sejarah Feijoada

Sejarah feijoada berhubungan erat dengan sejarah Brasil sebagai negara yang melibatkan perbudakan dan pengaruh budaya dari berbagai daerah. Hidangan ini memiliki akar yang dalam dalam perkembangan masyarakat Brasil.

Baca juga : Goulash, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Hungaria

Feijoada memiliki asal-usul yang kompleks dan berasal dari masa kolonial Brasil. Pada abad ke-16 hingga abad ke-19, Brasil adalah pusat perdagangan budak dari Afrika, di mana jutaan orang Afrika Barat dibawa ke Brasil untuk bekerja di perkebunan dan tambang. Selama periode ini, budaya dan tradisi kuliner Afrika bergabung dengan budaya Eropa dan lokal Brasil, menciptakan makanan yang unik dan kaya akan rasa.

Feijoada berkembang dari tradisi kuliner Portugis. Orang Portugis membawa kebiasaan memasak berbagai jenis kacang dengan daging babi, yang merupakan makanan yang umum di Portugal pada saat itu. Di Brasil, makanan ini diadopsi dan disesuaikan dengan bahan-bahan lokal yang tersedia, termasuk kacang hitam dan berbagai jenis daging babi.

Namun, peran budaya Afrika dalam pengembangan feijoada juga sangat penting. Budak Afrika yang bekerja di perkebunan Brasil diberikan sisa-sisa daging babi yang lebih rendah dan kacang hitam yang merupakan bahan makanan yang umum. Mereka mengolahnya dengan menggunakan rempah-rempah dan teknik masak mereka sendiri, menciptakan hidangan yang unik dan lezat.

Feijoada menjadi hidangan yang terkait erat dengan komunitas budak dan orang-orang yang hidup dalam keadaan terpinggirkan di Brasil. Hidangan ini menjadi simbol solidaritas, kebersamaan, dan perjuangan masyarakat Brasil yang beragam.

Seiring berjalannya waktu, feijoada mendapatkan popularitas yang luas di seluruh Brasil dan menjadi hidangan yang dianggap khas. Pada tahun 2007, feijoada secara resmi diakui sebagai warisan budaya Brasil oleh Kementerian Kebudayaan Brasil.

Feijoada tetap menjadi hidangan yang disajikan dalam acara-acara khusus, perayaan, dan saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di Brasil. Hidangan ini mencerminkan sejarah yang kompleks, pluralitas budaya, dan kekayaan kuliner Brasil.

Resep Masakan Rumahan Feijoada

Bahan-bahan yang diperlukan:

* 500 gram kacang hitam, direndam semalam
* 500 gram daging babi (seperti babi cincang, potongan babi, lidah babi, dan kaki babi)
* 200 gram daging asap (seperti sosis asap, bacon, atau daging asap lainnya)
* 1 bawang bombay, cincang halus
* 4 siung bawang putih, cincang halus
* 2 daun laurel (daun salam)
* 2 sendok makan minyak sayur atau minyak zaitun
* Garam dan merica secukupnya
* Air secukupnya

Langkah-langkah:

1. Rendam kacang hitam semalam dalam air dingin. Keesokan harinya, buang air rendamannya dan bilas kacang.

2. Dalam panci besar, rebus kacang hitam dengan air segar yang cukup untuk menutupi kacang. Tambahkan daun laurel ke dalam panci. Rebus kacang hitam hingga empuk dan lunak, biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam. Tambahkan air jika diperlukan selama proses perebusan.

3. Sementara itu, dalam panci lain, rebus daging babi dan daging asap dalam air mendidih selama sekitar 10-15 menit. Ini akan membantu menghilangkan kelebihan lemak dan rasa asap yang kuat dari daging. Setelah itu, tiriskan daging.

4. Panaskan minyak dalam wajan atau panci besar di atas api sedang. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berwarna keemasan.

5. Tambahkan daging babi yang sudah direbus ke dalam wajan bersama dengan daging asap. Aduk rata dan biarkan daging sedikit tercokelatkan.

6. Pindahkan kacang hitam yang sudah matang ke dalam wajan dengan daging. Aduk rata dan biarkan semua bahan tercampur dengan baik.

7. Tambahkan air secukupnya untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Campurkan semua bahan dengan baik dan biarkan feijoada mendidih.

8. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan feijoada masak perlahan selama sekitar 1-2 jam atau hingga semua rasa bumbu meresap ke dalam kacang hitam dan daging.

9. Periksa rasa feijoada dan sesuaikan dengan garam dan merica sesuai selera.

10. Sajikan feijoada panas dengan nasi putih, kubis rebus, saus oranye (mandioca frita), dan irisan jeruk sebagai pendamping.

Feijoada merupakan hidangan yang cocok disajikan dalam acara khusus, perayaan, atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Selamat menikmati feijoada yang lezat dan khas dari Brasil!

One thought on “Feijoada, Salah Satu Resep Masakan Rumahan di Brasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top